Sunday, February 17, 2013

Pro Kontra Minum Kopi

KODE IKLAN AAAA SATU

Kopi bagi sebagian orang, bisa jadi minuman yang menyehatkan, tetapi juga mematikan bagi sebagian orang lainnya. Care2 pernah mengungkapkan tentang pro dan kontra tentang minum kopi. Simak selengkapnya.



Pro
  • Risiko diabetes. Sebuah penelitian di tahun 2005 menyebutkan kalau minum empat sampai enam cangkir kopi sehari mampu menurunkan risiko diabetes sampai 30 persen. Baik itu kopi berkafein atau tanpa kafein, efeknya sama.
  • Radikal bebas. Biji kopi mengandung lebih dari 1.000 antioksidan yang berkhasiat memerangi radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Sehingga rajin minum kopi mampu menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit.
  • Kemampuan kognitif. Peneliti melaporkan peminum kopi di pagi hari punya performa yang lebih baik dalam menyerap informasi dan pelajaran daripada mereka yang tidak. Minum kopi setiap hari juga disebutkan mampu menjaga kemampuan kognitif seiring bertambahnya usia.

Kontra
  • Osteoporosis. Memang benar kopi bisa memicu pengeroposan kalsium. Sehingga minum kopi terlalu banyak bisa menyebabkan osteoporosis. Jika ingin mengimbangi asupan kalsium dengan konsumsi kopi, tambahkan satu sendok makan susu atau yogurt pada secangkir kopi pagi Anda.
  • Keriput. Meskipun memiliki antioksidan, kopi juga bisa bikin keriput jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya. Sebab kopi menyebabkan dehidrasi sehingga kulit akan mudah keriput. Jadi jangan malas minum air putih sebanyak-banyaknya jika Anda adalah pecinta kopi.
  • Bikin gendut. Kafein secara tidak langsung mempengaruhi kadar gula darah. Sehingga ketidakseimbangan gula darah memicu keinginan untuk ngemil. Itulah kenapa sebabnya kopi kerap dipasangkan dengan camilan manis seperti kue atau donat. Jika dibiasakan, dalam waktu sebentar Anda pasti akan cepat gendut.
  • Pestisida. Tanaman kopi konvensional tidak lepas dari pestisida untuk mengusir hama yang menyerang. Untuk menghindari dampak buruk dari pestisida, pastikan Anda minum kopi yang berasal dari tanaman kopi organik.

Itulah beberapa pro dan kontra minum kopi. Sekarang termasuk yang pro atau yang kontra minum minum kopi, terserah Anda!

Add Comments


EmoticonEmoticon